Photography Contest - A Better Life With Steem - Grow Your Own: Cara Mudah Memperbanyak Daun MintsteemCreated with Sketch.

in Steem SEA3 months ago

46DCDA31-1F4F-42F3-8719-A73679FAC56D.jpeg

Apakah kalian pernah mendengar tentang daun mint? Mungkin kalian sudah tidak asing dengan berbagai produk yang memiliki rasa mint seperti permen rasa mint, minuman, atau bahkan produk kosmetik seperti pasta gigi, dan shampo yang memiliki kandungan daun mint.

Biasanya saya menggunakan daun mint untuk hiasan makanan, dan juga untuk pelengkap minuman yang menyegarkan. Lebih bagus juga dijadikan Infused Water yang menyehatkan. Itu lho, minuman yang berisi buah, daun herbal, atau bahkan rempah-rempah yang sebelum diminum kita letakkan semalaman di kulkas.




33527DEE-C466-4930-95E7-3372E6E705FF.jpeg

Tanaman daun mint yang sudah rimbun, hanya saya tanam di dalam pot

Jadi kali ini saya akan memberitahu kepada kalian pengalaman saya tentang cara mudah memperbanyak daun mint. Tidak butuh keahlian khusus untuk melakukan itu.

Pada sesi A Better Life dengan tema “Grow Your Own” saya juga ingin memberitahukan manfaat daun mint bagi kesehatan.

Kebetulan juga sedang ada lomba fotografi yang diadakan oleh @steem.sea, info selengkapnya bisa dibaca pada link berikut: https://steemit.com/hive-103393/@steem.sea/steem-sea-community-contest-part-7-photography-in-contest-a-better-life-with-steem

Jadi saya melakukan pemotretan khusus bersama daun mint yang saya miliki.




Manfaat Daun Mint

  • Menyegarkan dan menambah aroma wangi pada makanan, minuman, dan berbagai produk lainnya.
  • Menurut sebuah situs kesehatan terkenal di Indonesia, “Alo Dokter" mengatakan bahwa daun mint yang berukuran kecil ternyata memiliki segudang manfaat manfaat bagi tubuh. Daun mint sangat kaya akan antioksidan yang mampu menangkal berbagai racun di tubuh. Selain itu, daun mint berfungsi menjaga kesehatan gigi. Nah itu sebabnya kita sering menemukan pasta gigi yang mengandung daun mint. Manfaat daun mint yang hebat lainnya adalah kegiatan menghirup daun mint yang segar itu bisa meningkat fungsi otak terutama dalam hal mengingat. Wah, keren sekali kan, kawan-kawan!



Jadi karena begitu kerennya manfaat daun mint, tidak ada salahnya kita menanam daun mint di rumah. Harganya pun tergolong murah. Waktu itu saya membeli tanaman mint yang masih kecil berada di polybag sekitar 10.000 Rupiah saja.

Sayangnya waktu itu saya tidak memotret waktu pertama kali saya membeli tanaman ini.

E9863B39-3C06-4CFE-AADA-A8972F74FB65.jpeg

Hanya dalam waktu sebulan saja, daun mint tumbuh rimbun seperti yang kalian lihat sekarang pada foto-foto saya ini.



Media Tanam

Seperti biasa saja, tanah dicampur kompos dan dicampur dengan sedikit sekam. Tidak ada sekam pun tidak apa-apa, yang penting media tanamnya subur. Media tanam yang tidak berbeda dengan menanam tanaman lain.

Tidak perlu lahan luas, kalian bisa menanam di pot biasa, seperti milik saya nih.




Cara Memperbanyak Daun Mint

Untuk memperbanyak daun mint, pilih batang mint yang sudah terlihat tua, lalu potong, bisa menggunakan tangan tanpa gunting khusus.

Kita hanya perlu menusukkan atau menancapkan batang tersebut ke tanah. Pada beberapa hari pertama batang tersebut terlihat layu karena belum memiliki akar.

0D30BB21-BB23-40E4-AFD3-0F38137E20E9.jpeg
Kita bisa lihat ini batang yang baru saya tancapkan kemarin. Daunnya ikut terlihat layu. Tidak apa-apa nanti beberapa hari kemudian akan berhasil menjadi batang kuat dengan tumbuhnya akar.


C87D30EC-AA05-4674-A176-D578688D8319.jpeg

Ini contoh batang yang sudah segar dan kuat hasil stek saya beberapa minggu lalu.



Daun Mint Bisa Memperbanyak Diri Sendiri

Wah, sama seperti bakteri nih yang bisa memperbanyak diri sendiri, ehehe. Bercanda ya, kawan. Maksud saya di sini adalah, daun mint bisa memperbanyak dirinya sendiri tanpa bantuan tangan manusia.

F71DA9FF-119C-40A3-B80D-0D313D1CBFBB.jpeg


C7D49002-0F1B-4E7D-9E1E-7B86E8E3C2C7.jpeg

Ini adalah batang daun mint yang muncul dengan sendirinya dari dalam tanah. Terlihat subur sekali. Lihatlah tunas-tunas baru daunnya sungguh banyak dan terlihat segar.



Cara Perawatan Daun Mint

Cara perawatannya pun tergolong mudah. Letakkan pada tempat yang memiliki sinar matahari cukup tetapi jangan terkena matahari siang secara langsung yang panas. Daun mint juga tidak suka bila kondisi media tanamnya terlalu basah jika terkena hujan, daunnya akan rusak.

Saya tidak memberikan pupuk pada tanaman ini. Saya biarkan mereka tumbuh secara alami.

Setiap hari harus kita periksa. Jika tanah terlihat kering, disiram. Jika masih terlihat lembab sebaiknya tidak perlu disiram. Sesuaikan dengan keadaan tempat tinggal kawan-kawan, ya.

Periksa apakah ada hama yang terlihat bintik-bintik putih. Jika ada, langsung buang dedaunan yang memiliki hama tersebut sehingga tidak menular daun-daun yang lain.




Itulah tadi kawan-kawan, bagaimana cara saya memperbanyak daun mint dengan cara mudah.

Sampai bertemu lagi di edisi A Better Life With Steem, saya yang lainnya.

494C011A-BD90-406E-8D7C-30D487E01CF1.jpeg

Jangan lupa tersenyum!

Sort:  

Luar biasa khasiat dan manfa'at yang terkandung dalam daun mint. Tapi apakah daun mint ini bisa dikonsumsi mentah ?

Bisa dikonsumsi mentah. Seperti lalapan kok rasanya ehehe

Saya belum pernah mencobanya. Oh iya, gambar editannya keren, saya yakin dengan kualitas gambar yang sebagus ini recomended untuk masuk kategori juara. Harus juara 😃👍

 3 months ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

 3 months ago (edited)

Daun mint yang anda tanam bisa menjadi tanaman hias selain untuk konsumsi. Terima kasih @anggreklestari atas partisipasinya. Saya senang anda juga ikut mempromosikan kontes dari komunitas Steem SEA.
#onepercent
#indonesia

Iya benar sekali bisa dijadikan tanaman hias. Makanya saya gantung juga ehehehe biar seperti bunga gantung.

Tapi tetangga banyak yg gak tau, dikira rumput biasa gak ada manfaatnya 😂🤣

 3 months ago 

Iya, tanaman tersebut tidak begitu populer di Sumatera bagian Utara. Sama seperti daun kemangi.

 3 months ago 

Memang nya Om tahu daun kemangi itu seperti apa? 🤭🤭😊

 3 months ago 

Itu cemilan aku saat makan ayam penyet waktu aku lanjutin kuliah di Semarang dulu tante. Saat itu ayam penyet harganya masih 7.000 rupiah tahun 2008..😀

 3 months ago 

Cemilan daun kemangi? Pantesan anda nampak kurang sehat Oom. 🤣🤣🤭🤭

 3 months ago (edited)

Dia sebagai lalapan Tante ku.
Aku senang kalau belum sehat Tante. Kalau sudah sehat, aku jadi pendiam nanti..😀

 3 months ago 

🤣🤣🤣

 3 months ago (edited)

@anggreklestari melihat bentuk daun min kayak gak asing, apa itu sejenis tumbuhan semak liar juga??. Jangan salah makan nantikan waktu dapat , udah jelatang ayam gatal pulak mulut , hampir mirip soalnya.😂

Setau saya sih yang liar beda lagi. Supaya lebih aman sebaiknya jangan dikonsumsi. Bahaya ehehe. Tanya ke tukang kebun wkwkwk murah kok :)

 3 months ago (edited)

bukan nyari mba tapi sering kelihatan kayak mirip gitu, saya kan sering kehutan., Jadi jangan salah lalap🤣😂

Akhirnya bisa di katakan rumput sendiri lebih hijau dan bermanfaat 😅😅😅

Bisakah @anggreklestari memberikan kami bibitnya, ,supaya bisa kami perbanyak lagi, ,😊

#twopercent
#indonesia

Wah jauh nanti mati ehehe

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.03
JST 0.028
TRX 0.03
STEEM 0.18
JST 0.028
SBD 3.16