Nanowrimo Day 5

in #steempress3 years ago

[National Novel Writing Month]( https://nanowrimo.org/) Hari kelima

Sebuah pengalaman yang mengejutkan untuk saya pribadi. Di tanggal 5 November 2018, alias hari ke-5, penulisan Novel “Kirana” ternyata sudah mencapai 8.556 kata. Berikut buktinya:


Source

Kaget? Saya aja kaget, kok bisa ya? Ahahahaaaaa

Sebelumnya, nggak pernah terbayang akan menulis lebih dari 50.000 kata untuk satu karya. Selama ini, ketika membuat novel sekalipun … saya sanggupnya cuma sampai 30.000 kata. Itu betul-betul sudah mentokkkkkk idenya.

Sekarang, jika dalam 5 hari sudah bisa delapan ribuan kata, berarti kesempatan untuk mencapai 50.000 kata di tanggal 30 November nanti sudah sangat terbuka. Ternyata … targetnya si Nanowrimo itu masuk di akal juga, tinggal si penulisnya aja, konsisten apa nggak, heheeeee.

Btw, saya bukan orang yang punya banyak waktu luang/ khusus untuk menulis, loh. Jangan tanya sepadat apa kerjaan kantor saya akhir-akhir ini … Enggak bisa diungkapkan dengan kata-kata deh pokoknya!

Tentunya saya menulis nggak asal tulis apa yang teringat saja. Beberapa persiapan yang saya lakukan di bulan Oktober lalu demi menyambut tantangan Nanowrimo ini antara lain:

  1. Mencari ide cerita (kebetulan ini fantasy, jadi emang mesti berpikir 'liar')
  2. Riset (untung banget ada mbah google)
  3. Mereka-reka klimaks dan penyelesaian cerita (pembukaannya malah dipikirin belakangan, eheheheeee)
  4. Menciptakan para tokoh (saya banyak banget dibantu @yose90 dalam hal ini)
  5. Menyusun outline (inti cerita di tiap bagian/ bab)
Khusus dalam hal penyusunan outline, langkah awal yang saya ambil adalah mempersiapkan 30 bab (termasuk prolog dan epilog). Ini semua semata-mata karena challenge-nya berjalan 30 hari, jadi saya menargetkan diri sendiri untuk menyelesaikan 1 bab sehari. Selanjutnya:
  • Membagi 30 bab tersebut ke dalam empat bagian penting: Permulaan cerita, Bagian cerita yang mulai menanjak, Klimaks, dan anti klimaks (penyelesaian akhir). Porsinya nggak mesti 25% di masing-masing bagian, terserah kita aja.
  • Menuliskan bagian-bagian penting dari cerita di tiap bab. Berhubung satu bab nanti akan dikembangkan menjadi sekitar 1.600an kata, jadi mungkin pointnya akan ada beberapa (nggak terbatas pada satu aja). Contoh outline pada Bab 1: Kirana bangun dan menyadari ada yang aneh pada tubuhnya. Kirana melihat sosok peliharaannya berbeda dari yang terakhir dia temui. pada Bab 2: Pesta ulang tahun. Kirana dibantu oleh Azrael untuk menghilangkan sayapnya.
  • Membaca ulang outline setelah selesai, untuk memastikan bahwa semuanya saling berkaitan.
  • Catt: riset terhadap calon novel tetap dilakukan pada tahap ini. Meskipun ini fantasi, saya nggak bisa seenaknya membuat cerita yang (totally) tidak masuk di akal.
Setelah itu, baru deh mulai nulis.

Menulis dengan bantuan outline ini banyak banget manfaatnya, beberapa yang saya rasakan sendiri:

  1. Bisa berhenti memikirkan satu jalan cerita tanpa khawatir akan kehilangan inti cerita (Toh, setiap kali akan mulai menulis, tinggal intip outlinenya)
  2. Tulisan jadi lebih sistematis, nggak ngalor ngidul kemana-mana
  3. Makin semangat untuk menyelesaikan tiap bab karena udah tahu bab berikutnya akan membahas apa
  4. Bisa mulai nulis dari mana aja (nggak harus prolog/ bab 1 dulu). Waktu pertama kali bikin novel malah saya mulai dari klimaksnya dulu, ehehe.
  5. Melatih diri untuk disiplin dan konsisten dengan rencana yang sudah disusun. Meskipun begitu, kadang saya juga “berkhianat” kok sama outline. Ketika sebuah ide melintas dan ternyata hal itu mempengaruhi outline, maka si outlinenya yang saya paksa berubah, wkwkwkwk.
Mungkin segitu aja sharing saya kali ini. Minta doanya semoga bisa tetap konsisten untuk menuntaskan novel “Kirana” dengan target 50.000 kata di akhir bulan November ini. Lumayan, bisa bantu naikin nama “Indonesia” di mata para penggiat literasi dunia.

Btw, Indonesia belum termasuk dalam 50 besar negara yang menulis dengan worldcount terbanyak. Adapun Jerman, yang jumlah penulisnya tembus di angka 3.604, jumlah kata rata-rata yang mampu dibukukan oleh para penulisnya di hari kelima ini adalah 4.448 kata.


Source

Di Asia, baru 3 negara yang masuk 50 besar pada tanggal 5 November jam 4.40 WIB ini:

  1. Philipina dengan 413 penulis dan rata-rata worldcount 4.365
  2. Singapura dengan 232 penulis dan rata-rata worldcount 6.440
  3. Taiwan dengan 63 penulis dan rata-rata worldcount 4.808

Come on Indonesian writers, let's write!



Posted from my blog with SteemPress : https://endanghadiyanti.com/2018/11/04/nanowrimo-day-5/
Sort:  

Moga di beri kemudahan segalanya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,tetap konsisten untuk menuntaskan novel “Kirana” dengan target 50.000 kata

Aamiin ... makasi dukungannya 🤗🤗🤗

Congratulations @diyanti86! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You made more than 600 upvotes. Your next target is to reach 700 upvotes.

Click here to view your Board of Honor
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do not miss the last post from @steemitboard:

The new Steemfest³ Award is ready!
Be ready for the next contest!

You can upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Semoga konsisten sampai waktu yang ditentukan.
Makasih tips outline nya, sepertinya saya harus ikutan bikin outline biar lebih terarah. 😍 😘

Aamiin ... makasi dukungannya kk 😘🤗

Iya, dicoba ya kk. Akan lebih enak nulis cerita kalo kita dah tau arahnya kemana.

Posted using Partiko iOS

Keren mba, sibuk tapi produktif😎

Posted using Partiko Android

Ohoho ... kebetulan ada ide juga ini, kk 😘

Posted using Partiko iOS

Congratulations @diyanti86! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You made more than 700 upvotes. Your next target is to reach 800 upvotes.

Click here to view your Board of Honor
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do not miss the last post from @steemitboard:

SteemFest³ - SteemitBoard Contest Teaser
The new Steemfest³ Award is ready!

You can upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Congratulations @diyanti86! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You made more than 800 upvotes. Your next target is to reach 900 upvotes.

Click here to view your Board of Honor
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do not miss the last post from @steemitboard:

SteemFest3 and SteemitBoard - Meet the Steemians Contest

You can upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Congratulations @diyanti86! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You made more than 900 upvotes. Your next target is to reach 1000 upvotes.

Click here to view your Board of Honor
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do not miss the last post from @steemitboard:

SteemFest3 and SteemitBoard - Meet the Steemians Contest

You can upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!